Jalankan 14 Langkah Besar Dukcapil, Dirjen Dukcapil Puji Kinerja Dinas Dukcapil Kota Banjar

Jakarta – Memastikan setiap pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dijalankan dengan baik oleh daerah, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prof. Zudan Arif Fakrulloh secara rutin mendatangi Dinas Dukcapil. 

Dalam kunjungannya di Jawa Barat, Prof. Zudan mendatangi 5 kantor Dinas Dukcapil, yaitu Kota Tasikmalaya, Tasikmalaya, Kota Banjar, Ciamis dan Pangandaran. 

Secara umum, prof. Zudan mengapresiasi kelima daerah yang ia kunjungi karena dinilainya menjalankan serta turut menyukseskan apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan Adminduk. 

Akan tetapi, hasil pengamatan dan pencermatan selama kunjungan, Prof. Zudan menilai Dinas Dukcapil Kota Banjar telah menjalankan semua 14 langkah besar Dukcapil yang sudah menjadi kebijakan lembaga yang dipimpinnya. 

“Ada beberapa langkah besar Dukcapil yang sudah berjalan dengan bagus. Kota Banjar sudah melaksanakan hampir seluruhnya 14 langkah besar Dukcapil, kecuali yang  jadi domain pemerintah pusat”, puji Prof. Zudan di Jakarta, Jum’at (25/01/2019).

Beberapa langkah besar yang dinilai dijalankan dengan baik oleh Kota Banjar di antaranya pelayanan terintegrasi (6 in 1, 4 in 1, 3 in 1), penerbitan KTP-el tanpa pengantar RT/RW dan desa/kelurahan cukup dengan copy KK, dan rekam cetak KTP-el luar domisili.

Selain itu, juga terkait penerapan akta kelahiran online, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk percepatan Akta Kelahiran, serta pindah domisili tanpa pengantar RT/RW dan desa/kelurahan/kecamatan cukup copy KK. 

Sementara itu, saat menyambangi Kota Tasikmalaya, Dirjen Dukcapil disambut oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Mujadi. Mujadi mengaku senang  bahwa apa yang diupayakan oleh Kota Tasikmalaya mendapat perhatian dari pemerintah pusat melalui Dirjen Dukcapil. 

Dari 14 langkah besar Dukcapil, Mujadi mengatakan pihaknya sudah menjalankan sebagian besarnya seperti pelayanan terintregasi (KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian), pembuatan KTP-el tanpa pengantar RT/RW/Desa/Kelurahan (cukup membawa foto copy KK), rekam cetak KTP-el luar domisili hingga pemberian identitas untuk semua usia (KTP-el dan KIA).

Meski demikian, ia mengaku masih ada langkah yang dijalankan oleh Dinas Dukcapil Kota Tasikmalaya. 

“Kalau yang lainnya sudah berjalan. Adapun untuk yang belum berjalan seperti pembuatan akta kelahiran online sedang kami siapkan untuk dijalankan,” pungkas Mujadi.

Tiga daerah lainnya, yaitu Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran dinilai Prof. Zudan juga sudah menjalankan sebagian dari langkah besar Dukcapil. Hanya saja, masih ada beberapa langkah yang belum dijalankan dan lainnya masih perlu ditingkatkan pelaksanaannya. Dukcapil***

Sumber : https://www.kemendagri.go.id/blog/29154-Jalankan-14-Langkah-Besar-Dukcapil-Dirjen-Dukcapil-Puji-Kinerja-Dinas-Dukcapil-Kota-Banjar