Disdukcapil Jabar Kawal Pencocokan Data Pemilih dalam Pilkada

BANDUNG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jawa Barat, mendorong Disdukcapil Kabupaten Kota yang akan menggelar Pilkada agar terus mengawal pencocokan dan validitas data pemilih. Kepala Disdukcapil Jabar Drs. Dadi Iskandar, MM, menyebutkan, Disdukcapil Kabupaten Kota agar terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Hal itu dikatakan Dadi dalam webinar 'Disdukcapil Menyapa Masyarakat' (DMM #3), Rabu (2/12/2020)

"Disdukcapil kabupaten kota yang akan menggelar Pilkada agar terus berkoordinasi dengan KPU, untuk validasi data jika ada perubahan-perubahan atau data yang terlewat" katanya.

Dadi menyebutkan, meskipun Pilkada tinggal beberapa hari lagi, namun upaya pencocokan atau validasi data pemilih itu harus dilakukan maksimal.

"Ya, meskipun tinggal beberapa hari lagi, validasi data itu tetap harus dilakukan maksimal, bahkan Disdukcapil harus proaktif agar tidak ada masalah di kemudian hari" ungkapnya.

Selain membahas mengenai validasi data pemilih untuk Pilkada, dalam webinar tersebut dibahas juga mengenai Kartu Identitas Anak (KIA). Menurut Dadi, ada 15 Kabupaten Kota yang sudah melebihi 20% dalam penerbitan KIA, dan 12 Kabupaten Kota masih di bawah 20%.

"Ini perlu terus ditingkatkan lagi dengan memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya anak yang berusia 0 hingga H-1 17 tahun memiliki KIA" ujar Dadi.

Pentingnya memiliki KIA selain tercatat dalam Kartu Keluarga menurut Dadi adalah untuk berbagai keperluan seperti pendaftaran sekolah, pembuatan paspor dan bekal identitas jika anak tersebut dalam suatu insiden terpisah dari orang tuanya.

"Banyak sekali manfaatnya, termasuk jika nanti ada discon-discon misalnya dalam pembelanjaan dan lain-lain. Jadi silahkan kepada orang tua agar segera mengurus pembuatan KIA ke Disdukcapil setempat" ajak Dadi.

Webinar DDM #3 diikuti lebih dari 50 peserta, selain dari Disdukcapil Kabupaten Kota, juga dari kalangan masyarakat umum. (Pun)

Sumber : https://jabarprov.go.id/index.php/news/40432/2020/12/03/Disdukcapil-Jabar-Kawal-Pencocokan-Data-Pemilih-dalam-Pilkada