Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan Kunjungi Kecamatan Malangbong

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut, kembali menurunkan Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Selasa 20 Februari 2018 pelayanan dilaksanakan di Kecamatan Malangbong.

Untuk mempercepat proses Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Garut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan pelayanan di Kecamatan Malangbong, dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Malangbong.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut, Rina menyampaikan bahwa pelayanan dilakukan agar warga masyarakat khususnya yang lanjut usia, jompo dan yang mengalami keterbatasan fisik agar bisa melakukan pembuatan administrasi kependudukan, akan tetapi seluruh masyarakat juga tetap kita layani.

“Mobil pelayanan keliling ini setiap saat akan kita operasikan, khususnya untuk menjangkau kecamatan-kecamatan dengan harapan kita dapat memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat,” ujar Rina.

Lebih lanjut dikatakan, mobil pelayanan ini akan dioperasikan setiap saat ke kecamatan-kecamatan di wilayah Kabupaten Garut, sehingga tentunya dapat mengurangi volume pelayanan yang ada di kantor yang selama ini volumenya sudah sangat tinggi.

"Untuk warga masyarakat, nanti kami akan melakukan Pelayanan Administrasi Kependudukan secara jemput bola, kami yang akan datang tapi karena sekarang mobil pelayanan masih satu unit jadi bertahap, nanti di 2018 mudah-mudahan mobil pelayanan bisa ditambah sehingga kita bisa dengan cepat membantu masyarakat yang mengurusAdministrasi Kependudukan tanpa harus datang ke kantor kami," terang Rina.

Sementara itu, menurut staf Kecamatan Malangbong, Trisna Yuana, mereka yang sudah melakukan perekaman, KTP-nya bisa langsung dicetak oleh pihak Disdukcapil di mobil keliling.

“E-KTP yang dicetak adalah yang sudah penanggalan NIK-nya oleh pusat dan direkam datanya dari tahun 2016 sampai 2017,” jelas Triana.

Iwan Setiawan, staf Kecamatan Malangbong lainnya, menambahkan, percetakan e-KTP langsung dilakukan di mobil dinas keliling di halaman kantor kecamatan.

“Mobil keliling ini sangat membantu kami, dan tentunya masyarakat juga senang, bisa kita lihat walaupun harus mengantri tapi masyarakat sangat senang, kami pun sangat terbantu oleh mobil keliling Disdukcapil ini, semoga bisa di jadwalkan kembali untuk datang ke Kecamatan Malangbong karena sangat mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat yang belum memiliki e-KTP,” ujarnya.

Dalam rangka untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan untuk lebih mendekatkan pelayanan bagi masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah menjadwalkan kunjungan Mobil Pelayanan (Moyan) ke 42 kecamatan dan Kecamatan Malangbong ini adalah kecamatan pertama yang mendapat kunjungan Mobil Pelayanan.

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

https://garutkab.go.id/skpd_news/mobil-pelayanan-administrasi-kependudukan-kunjungi-kecamatan-malangbong