Jadi Tujuan Transit, Pemkot Bogor Tertibkan Warga Pendatang

Bogor – Tinggal di Kota Bogor tapi tidak punya KTP-el Kota Bogor? Siap-siap saja diciduk tim Operasi Bina Kependudukan (Tim Operasi Binduk). 

Operasi rutin yang digelar Dinas Dukcapil Kota Bogor ini akan menyasar warga pendatang yang tinggal di Kota Hujan tapi tidak disertai kepindahan secara Administrasi Kependudukan (Adminduk). 

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bogor Dodi Ahdiat mengungkapkan operasi pendataan pendatang ini rutin dilakukan tiap tahunnya, terutama pasca libur lebaran. 

“Sasaran pendataan yang kami lakukan memang warga non permanen,” imbuh Dodi Ahdiat di Bogor beberapa waktu lalu.

Yang menarik dari wilayah Kota Bogor hanya dijadikan tempat transit bagi pendatang. Umumnya yang menjadi tujuan utama adalah kawasan industri seperti Tangerang maupun Bekasi.

“Ke Bogor bukan tujuan utama, tetapi biasanya transit di rumah saudaranya yang sudah ber-KTP Kota Bogor,” tambahnya.

Sementara sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Penduduk Nonformal, maka para pendatang sebenarnya diharuskan melapor tiap enam bulan sekali.

Namun jika ingin bertempat tinggal tetap atau berdomisili di Kota Bogor, pendatang harus mengantongi Surat Keterangan Pindah WNI dari Dinas Dukcapil asal untuk dilaporkan ke Dinas Dukcapil Kota Tujuan. Dengan demikian, pendatang bisa menjadi warga Kota Bogor serta memiliki KTP-el dan Kartu Keluarga Kota Bogor. 

“Masyarakat yang berdomisili seharusnya mengimbau kepada saudara atau rekannya agar melapor, tetapi banyak yang tak melakukannnya,” imbaunya.

Dodi menambahkan, saat ini  sudah melakukan pendataan ke dua wilayah yaitu Bogor Timur dan Bogor Selatan. Pihaknya juga mengerahkan aparat kelurahan dengan kepala RT dan RW di wilayah untuk mendata para pendatang.

“Imbauan sudah disampaikan agar mengantisipasi adanya pendatang masuk ke Kota Bogor,” tutupnya. Dukcapil***

Sumber : http://dukcapil.kemendagri.go.id/detail/jadi-tujuan-transit-pemkot-bogor-tertibkan-warga-pendatang